Selasa, 20 Oktober 2020

SAHABAT RUMAH BELAJAR MENEBARKAN KEBAIKAN

        Pada Pembatik level 4 tahun 2020 banyak sekali tugas yang harus dikerjakan dan dikumpulkan untuk membumikan kemanfaatan dan bagaimana memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Diperlukan perencanaan dan persiapan yang baik untuk membumikan portal rumah belajar, TV edukasi dan suara edukasi yang merupakan produk dari pusdatin kemdikbud. Apalagi di masa pandemic dimana belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Keberadaan portal pembelajaran yang kreatif, inovatif dengan beragam konten dan gratis menjadi salah satu solusi terbaik terciptanya pembelajaran yang menyenangkan berpusat pada siswa dan sesuai dengan kemampuan siswa. Ditengah kesibukan mengajar 40 jam pelajaran dan menangani segala permasalahan dalam pembelajaran selama pandemic covid 19 yang dialami siswa dan seorang pendidik, saya berusaha menyelesaikannya walaupun jauh dari kesempurnaan. Berikut persiapan dan hasil sosialisasi Portal Rumah Belajar.

A. Persiapan bahan sosialisasi 
     1. Video Fitur utama dan pendukung di portal rumah belajar

            https://youtu.be/Wk02vWaGlD4 

    2. Vidio implementasi sumber belajar pada portal rumah belajar dan TV edukasi dalam                                       pembelajaran matematika
                                    

  

 3. Link Vidio pembelajaran sahabat rumah belajar         

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/e059156d50b1491 6834c7410c625c5a7 


4. Mempelajari dan menguasai konten portal rumah belajar yang terbarukan terutama pada fitur utama dan TV Edukasi 



 B. Hasil Sosialisasi 

 1.   Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Loa Janan
             Dilaksanankan pada tanggal 30 September 2020 yang dihadiri 22 peserta walaupun yang                   tanda tangan hanya 17 orang. Dengan menampilkan video tentang fitur yang ada di rumah belajar menggugah penasaran peserta bagaimana memanfaatkan sumber belajar, buku elektronik laboratorium maya dan kelas maya. Para peserta langsung praktek mendaftar dan memanfaatkan portal rumah belajar melalui gawai atau note book yang mereka miliki dipandu sahabat rumah belajar dan duta rumah belajar 2018.
 
                                                         

 2. SMAN 11 Samarinda 

      a) Sosialisasi terhadap mahasiswa PPL/KKN 
          Dilaksanankan pada tanggal 2 Oktober 2020 yang dihadiri 15 mahasiswa. 
         Selain berbagi portal      rumah belajar, mahasiswa diajak sahabat rumah belajar untuk mendaftar               dan praktek langsung di notebook atau gawai terutama pada fitur utama portal rumah belajar. Selain   itu juga berbagi tentang pentingnya teknologi dan penguasaan teknologi dalam pembelajaran
                                                         

 b) Sosialisasi terhadap guru 

             Dilaksanankan pada tanggal 5 Oktober 2020 yang dihadiri 25 guru Dengan memanfaatkan         program sekolah monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang telah dilaksanakan selama 3 bulan, sahabat rumah belajar mendapat dukungan untuk berbagi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan implementasi pembelajaran menggunakan Portal Rumah Belajar dan TV Edukasi. Acara dibuka oleh kepala sekolah didampingi semua wakil kepala sekolah. Sebelum monev sahabat rumah belajar diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk berbagi. Vidio fitur Portal Rumah Belajar dan implementasi pembelajaran menggunakan Portal Rumah Belajar dan TV Edukasi yang telah dibuat cukup ampuh menarik perhatian guru. Hal ini dilakukan karena pada tahun kemarin telah mendaftar dan praktek langsung memanfaatkan Portal Rumah Belajar di laboraorium TIK SMAN 11 Samarinda. Portal Rumah belajar yang terus melakukan pembaharuan, kreatif dan inovatif terhadap platform dan isi konten menjadi magnet bagi guru dan siswa untuk terus memanfaatkannya. Tidak hanya berupa modul digital yang berisi materi dan latihan soal beserta pembahasannya, tapi terus bertambahnya video pembelajaran dan multi pembelajaran interaktif yang semakin menarik, mudah untuk dipahami maupun mudah digunakan dengan gawai maupun notebook. Hal ini menyebabkan guru pegawai negeri senior yang terbiasa dengan zona aman dan nyaman meminta diunduh materi pembelajaran yang ada di Portal Rumah Belajar dan TV Edukasi. Bagi guru muda tertantang untuk turut serta dalam pelatihan online pembatik yang diadakan setiap tahun di web simpatik.   
                                                               
     acara dibuka oleh bapak kepala sekolah
            menjelaskan portal Rumah Belajar, TV edukasi dan implikasi dalam pembelajaran
                                                     


 3. SMAN 4 Samarinda 

             Dilaksanankan pada tanggal 19 Oktober 2020 yang dihadiri 14 peserta. Segala perencanaan dan koordinasi tatap muka telah dilakukan untuk berbagi portal Rumah Belajar dan implementasi pembelajaran di program rapat monev SMAN 4. Namun takdir berkata lain, setelah menembus hujan dan menunggu berjam-jam tidak bisa dilakukan saat rapat. Hal ini tidak mematahkan semangat dan asa untuk berbagi. Dengan alat dan guru seadanya sahabat rumah belajar tetap semangat berbagi manfaat untuk kemudahan dan kemajuan kualitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Alhamdulilah guru antusias untuk dapat memanfaatkan portal rumah belajar dan mau untuk mengembangkan diri di pelatihan online pada web simpatik. Diperlukan strategi untuk menarik guru pegawai negeri untuk memanfaatkan dan berperan aktif mengisi konten di Portal Rumah Belajar dengan memasukkan materi Penilaian Angka Kredit untuk jenjang karir kenaikan pangkat. Guru langsung praktek menggunakan gawai pintarnya. Berharap dari guru yang sedikit dapat menebarkan dan memanfaatkan informasi yang penting ini ke guru lainnya.
                                                         

                   Daftar hadir sosialisasi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar