Senin, 22 Juni 2020

Tips Guru Optimis di Masa New Normal Menuju Personal Branding

Mengangkat  tema Personal Branding oleh Bapak Agus Sampurno membuat aku bingung karena begitu asing bagiku. Beliau seorang blogger ternama dan pemerhati pendidikan.  Sebelum memulai materi kami diajak bermain ria di Quizziz. Satu ide lagi bagiku untuk bisa belajar dan menerapkannya ke siswaku. Belajar sambil bermain memberikan pengaruh positif bagiku seperti kesenangan dan kompetensi diri untuk bisa berada di peringkat atas.. Pak Agus mempersiapkan dengan matang melalui media Quizziz untuk menggali informasi peserta pelatihan kemudian memetakannya dan menganalisis untuk dijadikan judul. Judul ditentukan dan tak lepas dari kata tips, resep sukses, cara mudah dan manfaat dalam dunia pendidikan. Peserta membuat tulisan sebanyak 150-300 kata dalam waktu singkat dari judul yang ditentukan. 

Tips  Guru Optimis di Masa New Normal lebih menarik bagiku untuk memulai menulis sesuai pengalamanku:

1.    Memiliki grup kelas di media social 
Dengan memiliki grup WA setiap kelas yang aku ajar walaupun tidak semua siswa memiliki kuota. Minimal aku berusaha tetap berkomunasi dengan siswa hingga pembelajaran terus berjalan walau dalam jaringan dengan memberikan tugas berupa mengerjakan soal dari buku yang telah mereka miliki dalam waktu satu pekan

2.    Membuat konten video pembelajaran
Alangkah egoisnya aku dan tidak manusiawi jika memberikan tugas tanpa memberikan materi. Terlebih matematika pelajaran yang paling dihindari bagi siswa umumnya. Aku merencanakan membuat video pembelajaran menngunakan pen table seperti menjelaskan di papan tulis dan diposting ke youtube dengan tujuan siswaku dapat mengunduh di saat ada wifi gratis untuk belajar kapanpun dan dapat tonton berkali-kali. Waktu itu aku belum familiar dengan blog. Siswa bisa bertanya melalui grup WA dan akan aku jawab melalui youtube

3.    Memiliki komunitas
Bersama teman dalam komunitas guru tanggap korona kami belajar banyak tentang apa dan bagaimana pembelajaran jarak jauh. Aku memaksa diriku belajar cepat melalui youtube untuk dapat menerapkan kepada siswaku. Literasi tidak cukup sebatas baca tulis. Literasi digital, literasi budaya, literasi sains, literasi numerasi dan literasi finansial wajib kita ketahui dan miliki untuk membantu kita menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Dari pengalaman bermain di quizziz dan menulis cepat telah mengenalkan kami personal branding. Secara garis besar Personal Branding adalah aspek dimana anda dikenal karena sesuatu yang menjadi fokus anda,  seperti kepribadian, keterampilan atau kemampuan, prestasi yang dibangun di dalam diri anda.  Anda tidak perlu ahli. Hal yang penting anda terus banyak belajar dan mengasahnya terhadap yang anda suka sehingga menjadi ciri atau karakter anda. Bisa dikatakan citra dari diri anda. Dari judul yang menarik dan bermanfaat mampu menjadikan anda personal branding. Bagilah hasil belajar anda tentang apapun dengan pembaca lewat tulisan anda di blog. Jadilah diri anda walau tulisan singkat namun sarat akan makna dan manfaat.

7 komentar:

  1. Mantap, optimisme yang luar biasa..

    http://maseko1275.blogspot.com/2020/06/tigacara-guru-tetap-optimis-di-masa-new.html

    BalasHapus
  2. Sip cantik blog nya bu, mampir ke link sy ya bu

    BalasHapus
  3. Ya... Setuju, sebelum belajar Ber main quis dulu.. Mantap bun...

    BalasHapus
  4. Tulisan di blog bagian dr personal branding...semangat he he

    BalasHapus