Rabu, 17 Juni 2020

INI PILIHANKU PILIHANMU???

Menulis di media blogger.com merupakan aktifitas yang menjelma menjadi rutinitas bahkan sebagai tambahan amunisi di dompet yang lumayan. Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pdkelahiran Jakarta, 30 Juni 1992 berbagi warna dalamngeblog pada materi yang ke tujuh Belajar Menulis Bersama Om Jay gelombang 12.  Sejak tahun 2009 ngeblog hingga sekarang. Apa dan bagaimana ngeblog hingga eksis sampai sekarang?  Yuk kita lanjut …..


Berawal dari ajakan teman di akhir masa SMA untuk membuat blog di blogger.com, yang tidak tau apa itu blog, serta fungsinya. Dari hasil utak-atik, ternyata blog sebagai media publikasi online. Bisa berupa tulisan, gambar, atau video. Bisa memberikan berbagai informasi melaui blog. Semakin banyak pengunjung, pembaca, komentar apalagi bisa menembus halaman pertama google membuat senang dan memotivasi untuk lebih banyak memposting di blog.  


Banyak sekali kita temukan plagiat atau mengcopy paste artikel, gambar, vidio dari web/blogOrang lain ke dalam blog kita tanpa mencantumkan sumber link atau penulisnya. Itu melanggar hak cipta dan perbuatan dosa, yang dapat di bawa ke ranah hukum dan mendapat siksa di akhirat ( jangan berbuat begitu ya teman!!!). Blog kita juga bisa di banned (menghentikan mengakses informasi) oleh google. 

Ada dua motivasi supaya bisa eksis dan konsisten menulis di blog, yaitu hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Tentunya yang mengklik iklan akan mendapat hasil yang lebih banyak dibandingkan hanya mengklik blog kita. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. Motivasi pada target seperti membuat buku, memberikan bahan ajar dan evaluasi kepada siswa, pengalaman bersama siswa dan kisah lainnya. Dari sedikit demi sedikit tulisan tetapi konsisten dilakukan, jika dikumpulkan akan menjadi sebuah buku. Bertambah lagi syukurku menjadi seorang guru. Profesi guru sangat diuntungkan karena kita bertemu dengan banyak siswa yang bermuatan kisah yang dapat kita ceritakan dalam bentuk tulisan yang dapat dirangkai bersama siswa menjadi suatu maha karya bersama yang tak lekang oleh jaman.


Blog yang menarik tentunya yang isinya lebih banyak dicari banyak orang seperti menggunakan kata trik, jurus, berita yang booming, soal dan pembahasan soal, materi atau artikel yang dibutuhkan banyak orang. Selain isi blog, penampilan blog, judul yang menarik, bahasa yang renyah dan mudah dipahami serta membuat penasaran menjadi daya tarik yang dapat membuat orang berkumjung ke blog kita. Dari beragam macam jenis tulisan bisa dibuat buku berdasarkan tema seperti, pendidikan, seni, pengalaman dan lainya.


Tuliskan apa yang bisa ditulis di media blog. Jangan ragu dan jangan takut, semakin banyak pengalaman menulis di blog apakah di wordpress atau di blogspot tergantung kita mana yang kita tahu dan kuasai untuk menggunakannya. Walaupun Dunia blog mengalami tren yang menurun dan digantikan dengan tren vlog dan youtuber. Banyak blogger yang meninggalkan blog dan beralih menjadi youtuber. Hasil-hasil yang dicapai dari ngeblog pun mulai pudar. Blog sebagai web site atau jurnal online yang memuat beragam informasi ataupun media sosial yang komunikatif memiliki fitur kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dari kebutuhan pengguna untuk dapat memanfaatkan secara optimal. Pilihanmu????

7 komentar:

  1. naaaaah bagus nih blognya, tapi lebih bagusnya, ga ada putih2nya bu ratri, biar cantiiik heheheh

    BalasHapus
  2. Woww keren baru ada yg tampilannya merah nih, lain drpd yg lain siip

    BalasHapus
  3. Judulnya out of thebox. Mantap resumenya. Maaf saya baru sempat berkunjung. Semoga tetap semangat ngeblog !

    BalasHapus