Kamis, 25 Juni 2020

Mendulang Emas di Dunia Digital


Pada pertemuan ke sebelas Belajar Menulis Bersama Om Jay dkk, nara sumbernya adalah guru Matematika SMK 50 Jakarta, Bapak Dedi Dwitagama yang penuh dedikasi dan prestasi. Berikut prestasi yang pernah diraih beliau: 

·    Wakil Indonesia pada Academic Leadership Training for School Principal UNESCO, Seoul Korea Selatan 2012

·      Ketua Delegasi Indonesia pada South East Asia School Principal Forum – SEASPF, Bali 2012

·      JUARA 1 GURARU AWARD – GURU ERA BARU AWARD INDONESIA – Acer, Jakarta, 2012

·      Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, 2008

·      Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, 2008

·      Juara 2 e-Learning Award tingkat Naasional, Pustekkom Depdiknas RI, Oktober 2008

·      Juara 3 Kompetisi blog “I Love Mobile Blogging”: XL dan Dagdigdug, FKI–JHCC Jakarta, Juni 2008

·      Wakil DKI Jakarta pada Lomba Guru Berprestasi tingkat Nasional, Jakarta, 2004

·      Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004

 

Sebelum memulai materi, beliau meminta kami untuk mengenal beliau dari link blog http://dedidwitagama.wordpress.com/about yang dibagikan ke WAG. Tak kenal maka tak sayang. Akupun merasa tidak hanya tahu, namun lebih dekat dan kenal beliau. Tidak cukup hanya satu link. Inilah jejak digital beliau dan peruntukannya:

1.     Beliau menulis di blog sejak 2005, ini blog dokumentasi perjalanan dari sabang hingga merauke dan bbrp negara di dunia, see http://trainerkita.wordpress.com

2.     Yang suka fotografi, mari berteman di instagram https://www.instagram.com/dwitagama/

3.     Penggemar youtube, boleh berteman dengan Beliau di https://www.youtube.com/user/dwitagama

4.     http://dedidwitagama.wordpress.com/about  

5.     https://www.kompasiana.com/dwitagama

 

Inilah sekelumit pengalaman tentang Blog yang beliau bagi. 

 

Dimulai dengan pengertian tentang BLOG --- blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. 

 

Blog pertama beliau tahun 2005 masih tayang hingga saat ini http://dwitagama.blogspot.com

tahun 2007 beliau hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com

Alasan beliau pindah karena sesuatu yang baru diyakini beliau memiliki keunggulan yang lebih untuk digunakan pengguna. selama lebih dari 13 tahun ngeblog beliau telah menulis lebih dari 4.100 artikel dan dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000. Amazing….lengkap sekali data statistika beliau. Inilah fungsinya statistika dapat memetakan dan mengevaluasi untuk melangkah jauh lebih baik kedepannya. 

 

Manfaat blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat di sekolah atau yang tidak bisa disampaikan pada siapapun. seperti keranjang yang saya titip di dunia maya,

anak SD yang merokok di Indonesia sekarang sudah biasa, anak balita pun sudah banyak yang merokok dan itu di depan ibunya. Yang memiliki hobby fotografi dapat mendokumantasikannya pada blog khusus (https://fotodedi.wordpress.com), sejak zaman belum ada Instagram. Karena dari sebuah foto dapat menguraikan infornasi/kisah yang berbeda, tergantung sudut pandang yang melihat.

 

Tips Menulis Mudah di dunia digital:

1.    Mengupayakan selalu dapat terus menulis kapan saja dan dimana saja dengan media smart phone. Saat ide muncul dari apa yang dilihat, didengar dan dirasakan langsung ditulis dalam kondisi apapun. Tidak perlu diedit dan langsung tayang di blog.

2.  Tidak harus banyak paragraf. Bisa dengan satu paragraph atau satu kalimat namun sarat makna dan informasi.

3.    Berikan foto atau video untuk mendukung tulisan.

4.    Berikan judul yang menarik dan penasaran

5.    Balas komentar di blog

6.    Ikuti blog teman dan pelajari blog yang mendukung peningkatan kualitas kita.

7.    Gunakan waktu dengan sebaik mungkin.


Dengan meninggalkan jejak digital yang bermanfaat di berbagai media sosial dan media informasi maka kita akan dikenal oleh dunia. Lambat laun akan meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar dan memperbaiki diri. Setiap peristiwa dan tiap waktu yang dilalui sebisa mungkin didokumentasikan di semua media digital yang bisa kita kelola dengan smart phone. Ketika dunia telah mengenal kita dengan kualitas yang baik maka membuka peluang kita untuk diundang ke berbagai daerah dan diajak kerjasama oleh berbagai pihak. Tidak hanya wilayah dalam negeri, berpeluang besar juga diundang ke luar negeri dengan fasilitas gratis ditambah uang saku. Belum lagi pemasukan darii konten kita yang dikunjungi banyak orang. Semakin banyak memberi dengan berbagi maka semakin banyak juga yang akan kita dapatkan. 


Selain materi yang didapat, dengan menulis dan meninggalkan jejak di dunia digital dapat menghaluskan tutur bicara, budi pekerti, lebih menghargai apa yang dilihat, didengar dan dirasakan berdasarkan pengalamanku. Aku juga mendapatkan teman hebat dari sabang sampai merauke dan ilmu yang tidak ternilai. Terimakasih Guru Hebat Indonesia.

7 komentar: