Rabu, 01 Juli 2020

Eksis Belajar di Masa Pandemi

Kisah seorang guru yang memiliki keresahan akan pendidikan bagi kaum papa yang hanya mengenyam pendidikan seadanya. Seakan pendidikan bermutu hanya diperuntukkan bagi kaum borjuis dan pejabat. Bermodal keberanian, niat yang kuat dan kemampuan yang ada , Ibu Betti Risnalenni MM membuka kursus aritmatika bagi semua kalangan. Tentunya yang mampu diwajibkan membayar dan  kaum papa bebas biaya tanpa syarat menunjukkan surat keterangan tidak mampu (SKTM).  Berawal niat yang tulus bagi kaum papa, seiring waktu berjalan akhirnya bisa membuka sekolah pada tahun 2003 dan sampai sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD Insan Kamil didaerah bantar gebang Bekasi dan bisa ikut menikmati hasil juga dari membuat sekolah itu. Sebenarnya manfaat yang dapat diraih dari membuat sekolah itu bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat. Beliau menjadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara interpreuner tingkat jawa barat untuk kalangan guru paud. Dan dari segi pertemanan jangan di tanya. Beliau mempunyai teman banyak, pengetahuan juga bertambah.

 

Mari kita simak lebih dalam mengelola sekolah dari hasil diskusi dengan Ibu Betti Risnalenni

 

Pertanyaan 1:

Salam hormat dan salut buat ibu Betti, bu saya punya cucu yang di TK sejak covid-19 tugas banyak melalui Hp, yang menjadi masalah cucu saja jadi keranjingan bermaih hp. bagaimana solusinya.  

 

Jawab 1:

Seharusnya penugasan lewat hp juga ada pendidikan karakternya. Jadi  guru dan orang tua sudah bekerjasama dalam waktu memegang hp. Guru itu lebih dipatuhi daripada orang tua. jadi guru membantu memberi tau anak bahwa megang hp itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit. di alarm . Saya juga mempublikasikan lewat instagram apa yang menjadi tugas mereka. jadi anak anak juga senang bisa dilihat di IG insankamil. Bekasi

 

Pertanyaan 2

Apakah izin untuk mendirikan sekolah sangat sulit bu? 

 

Jawab 2

Sebenarnya tidak. Kalau ingin membuat sekolah harus ijin RT, RW dulu. Ijin ke disdik harus ada murid dulu supaya tidak fiktif. Setelah memasukan proposal ke disdik akan ada uji dari berbagai bidang tingkat wilayah ( kota / kabupaten ).

 

Pertanyaan3

Selama kurang lebih 17 tahun mengembangkan sekolah prinsip apa yang ibu pegang sehingga ibu berhasil survive mengubah sekolah rintisan menjadi sekolah yang diminati banyak siswa?

 

Jawab 3

Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali tantangan. Untuk bisa survive kita memang harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit tujuannya. tapi kita jangan nombok juga. nanti kita tidak semangat dalam bekerja. kan di sekolah ada koperasi, sebaiknya itu dikelola dengan baik. karena itu sumber keuangan juga.

Saya juga membuat kursus berbayar untuk umum . Kebetulan saya memang masih senang dengan aritmatika, dan bukunya juga buatan sendiri. jadi kita bisa jualan buku . Saya juga buat kursus Bahasa inggris metode pare karena anak saya juga pernah belajar di situ.

Awalnya saya pengen murid saya bisa bahasa inggris dengan lebih deket. Ke Pare kan jauh dan muridnya masih kecil kecil.

Dan unggulan di sekolah saya adalah lulus in syaa Allah  hafal juz 30

 

Pertanyaan 4

Bagaimn awal mula memulai ibu mendirikan KB, TK dan SD dan sejauh mana perjuangn ibu sampai terwujud itu semua?

 

Jawab 4

Awalnya saya tahun 1996 membuat kursus aritmatika pak. 6 bulan buka, muridnya cuma 3 orang. tapi saya bertahan. tahun 1998 saya membuat buku sendiri dengan harga 10 ribu, cabang saya di bekasi aja ada 24 cabang. dan salah satu cabang saya ada yang ingin membuka TK. Dan saya diajak kerjasama karena saya sudah punya yayasan. awalnya saya takut untuk buka sekolah. Karena desakan teman saya itu, saya akhirnya mau bekerjasama dengan mengontrak sebuah rumah.  3 bulan berjalan teman saya mundur karena dia merasakan rugi. buat saya itu ga bisa. makanya akhirnya saya teruskan sendiri. 1 tahun ngontrak , ada rezeki dan ada yang jual / Over rumah, akhirnya beli. Kita mulai dari rumah itu dan saya didukung oleh perumahahan tersebut. Supportnya yaitu masuk ke dalam kalender perumahan. lumayan promosi bareng

 

Pertanyaan 5

Apakah pembelajaran Tatap muka di tahun ajaran baru sudah di lakukan? karena di Lebak masih belum boleh bu. Bagaimana menghilangkan rasa kekhawatiran orang tua tentang virus corona. 

 

Jawab 5

Kalau di bekasi, sekolah boleh mengajukan ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan program. itu juga dinilai dulu. tidak langsung boleh buka. tapi daerah saya sih zona hijau. saya juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. kalau ok, ya bisa tatap muka. kalau belum ok ya PJJ lagi.

Ini adalah video aktifitas KBM di era new normal

Ini adalah langkah-langkah yg harus kita taati pada saat berada di sekolah sesuai protokol kesehatan Selamat menyaksikan

https://youtu.be/1r4dS-z9qFw

 

Pertanyaan 6

Bagaimana caranya menyampaikan pembelajaran ke orang tua dan peserta didik  TK. Melalui daring .

Untuk peserta didik baru yang belum kita kenal . Langsung daring untuk tahun ajaran 2020- 2021. Bagaimana caranya. Apa yg harus  dikenalkan yang pokok

 

J6

Saya kan belum dapat surat ijin nya ya bu / pak. Tapi untuk murid yang belum kenal kita sudah adakan pertemuan akhir tahun ajaran lalu. sekitar pertengah juni. anak anak kita mulai dengan cara foto dengan lingkungan sekolah. Terus kita kasih mainan edukatif. jadi mereka senang dan sudah pengenalan dengan calon gurunya.

 

 

Pertanyaan 7

Apa motivasi awal Ibu mendirikan sekolah di Bekasi?  

 

Jawab 7

awalnya saya pengen anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus. Motivasi saya adalah prinsip ini. Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa. itulah yang saya lakukan di insan kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free. saya tidak pernah, mereka harus bawa SKTM . karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin. kalau yg mampu sih bayar normal.


 

Pertanyaan 8

Kebetulan saya juga punya lembaga PAUD KB ibu, banyak kendala yg sy hadapi : 

a) susahnya mencari tenaga pengajar 

b) memberikan pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka beranggapan kalau KB dulu anak akan terlalu lama di PAUD, penginnya langsung TK, 2 tahun langsung ke SD sehingga muridnya sedikit 

c) pembiayaan rendah dan banyak kendala..

Bagaimana cara/solusi ibu menghadapi kasus seperti yg saya hadapi..

 

Jawab 8

Ya memang mencari guru itu gampang gampang susah. Kebetulan kan anak saya sarjana psikologi, jadi kita sering mengadakan acara parenting . Narsum nya bisa saya, teman saya, anak saya atau teman anak saya. Jadi sosialisasi tentang keorang tuaan dan masalah anak bisa kita bicarakan. Sekolah saya sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita.

Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa lomba  anak, bisa lomba orang tua.

 

Pertanyaan 9

Untuk peserta didik KB, TK dan SD apa efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring selama 3 bulan yang lalu? Dan apa strategi ibu untuk mengurangi efek negatif itu? 

 

Jawab 9

Kalau untuk pembelajaran Daring untuk anak KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi saya lebih memberikan kegiatan yang membuat mereka senang .

contohnya membuat kue


 

Pertanyaan 10

1.sebagai pendiri sekolah tentu banyak tahu tentang seluk beluk & prosedur pendirian. Bagaimana cara/prosedur untuk mendirikan sekolah & apa kendala yang ibu hadapi ?

2.Apa saja persyaratan yang diperlukan ?

3.Kemana saja perijinan tersebut diurus/dilakukan ?

4.berapa lama biasanya urusan tersebut selesai & mendapat ijin pendirian sekolah ?

 

Jawab 10

1. Banyak sih kendalanya tapi kalau keinginan kita kuat in syaa Allah bisa kita atasi.

2. Langkah pertama , ijin warga . 100 tanda tangan. ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut ke disdik kota. Jaman saya, di sidangkan di tingkat kotamadya. Dan perlu tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2

3. itu udah saya terangkan di no 2

4. ga lama kok kalau sudah lengkap semua. harus punya akte yayasan dari KemHumkam

 

Pertanyaan 11

1.Bagaimana Tips ibu dapat mengelolah tiga lembaga sekaligus KB-TK-SD?  

2.Terutama dalam menejemen keuangan saat pandemik ini, kebetulan kami juga sekolah swasta? 

3.Apa saja program karakter yang ada di sekolah ibu? 

 

Jawaban 11

Tipsnya : 

1. Jaga kesolidan dalam sekolah itu sendiri. 

-      Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.

-      Sering pantau dengan sharing. ( di sekolah saya setiap senin setelah pulang siswa ) 

2. Saya pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan ... jadi orang tua tidak terbebani tapi kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan. 

3. Salaman , hafalan juz 30 , hadist dan surat pendek,  menjaga kebersihan, wirausaha.

 

Tips survive mengelola sekolah:

1.    Harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. Minimal rencana per tahun secara cermat walau bukan profit tujuannya tapi jangan merugi. Nanti kita tidak semangat dalam bekerja. 

2.    Gunakan  koperasi sekolah untuk dikelola dengan baik karena itu sumber keuangan.

3.    Buat  kursus berbayar untuk umum yang sering diminati seperti baca, tulis, berhitung dan Bahasa. Buku kursus dibuat sendiri sehingga bisa sekalian jualan buku.

4.    Ciptakan metode mengajar yang kreatif dan inovatif dengan metode mudah dan cepat dipahami dan menyenangkan.

5.    Jalin kerjasama dengan sekolah atau yayasan untuk mengenalkan dan memasarkan metode dan buku yang kita buat.

6.    Promosikan sekolah melalui lomba, media cetak (koran, majalah, kalender) dan digital (media sosail dan blog)

7.    Kelola komite sekolah dengan baik 

8.    Libatkan masyarakat sekitar sekolah yang peduli pendidikan

9.    Dokumentasikan prestasi dan promosikan

 

Selama masa pandemi mengharuskan guru untuk bekerja di rumah dan siswa belajar di rumah. Selama 3 bulan kebelakang guru dan siswa melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Tentu bukan hal yang mudah bagi siswa, guru dan orang tua karena berlaku mendadak tanpa persiapan. Diperlukan kerjasama yang baik di antara ketiganya.  Alhamdulillah penyebaran covid bagi anak sekolah dapat ditekan selama belajar dari rumah. 

Masa pandemic covid yang tak berujung karena belum ditemukan vaksinnya. Hal ini memaksa guru untuk kreatif dan inovatif melakukan pembelajaran secara daring sehingga siswa tidak bosan dan jenuh.  

 

Tips pembelajaran kreatif dan inovatif:

1.    Materi pelajaran disajikan dalam tampilan yang menarik. Optimalkan menarik secara visualisasi (penglihatan), audio (suara) dan kinetik (gerakan). Contohnya video pembelajaran

2.    Menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan karakter ). Contohnya membuat makanan yang telah ditentukan guru. Persiapan, proses, hasil, kesan dan pesan didokementasikan bisa berupa foto, tulisan, video atau gabungan dari semua sesuai kemampuan siswa. Semakin banyak dokumentasi yang dikumpulkan maka semakin terasah dan terbentuk keterampilan hidup (life skill) dan karakter siswa.

3.    Membuat permainan seperti quizizz di awal pebelajaran untuk menggali kesiapan atau bakat siswa.

4.    Menjadikan soal evaluasi dalam bentuk permainan untuk memotinasi siswa belajar dan bersaing sehat.

 

 

Lakukan sesuatu dengan ketulusan hati untuk berbagi manfaat, in sya Alloh akan dimudahkan segala urusan dan diselesaikan segala masalah asal kita terus berusaha dan berdoa. Paksa diri untuk memantaskan diri kita menjadi guru yang selalu dirindu akan pengajarannya yang tulus dari hati namun sarat akan kreatif dan inovasi pembelajaran dan pembentukan karakter yang berbudi luhur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar